I.
PERKEMBANGAN
KOMPUTER
Sejarah perkembangan
komputer berawal dari penemuan seorang yang bernama Charles
Babbage. Dia adalah seorang ilmuwan di
dunia yang telah banyak memberikan kontribusi bagi kehidupan manusia, terutama
perkembangan komputer.
Penemuan fenomenalnya
yaitu Mesin penghitung (DifferenceEngine no.1) merupakan salah satu penemuan
yang paling terkenal dalam sejarah perkembangan komputer dan merupakan
kalkulator otomatis pertama sebagai cikal bakal komputer. Penemuan tersebut
menjadikan Charles Babbage sebagai penemu komputer dan dijuluki sebagai bapak
komputer.Komputer adalah alat
yang dipakai untuk mengolah data menurut perintah yang telah dirumuskan. Kata
komputer semula dipergunakan untuk menggambarkan orang yang pekerjaannya
melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti
kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri. Asal mulanya,
pengolahan informasi hampir eksklusif berhubungan dengan masalah aritmatika,
tetapi komputer modern dipakai untuk banyak tugas yang tidak berhubungan dengan
matematika.Secara luas, Komputer
dapat didefinisikan sebagai suatu peralatan elektronik yang terdiri dari
beberapa komponen, yang dapat bekerja sama antara komponen satu dengan yang
lain untuk menghasilkan suatu informasi berdasarkan program dan data yang ada.
Adapun komponen komputer meliputi : Layar Monitor, CPU, Keyboard, Mouse
dan Printer (sebagai pelengkap). Tanpa printer komputer tetap dapat melakukan
tugasnya sebagai pengolah data, namun sebatas terlihat dilayar monitor belum
dalam bentuk printout (kertas).Dalam definisi seperti
itu terdapat alat seperti sliderule, jenis kalkulator mekanik mulai dari abakus
dan seterusnya, sampai semua komputer elektronik yang kontemporer. Istilah
lebih baik yang cocok untuk arti luas seperti “komputer” adalah “yang memproses
informasi” atau “sistem pengolah informasi.”Komputer tidak secara
langsung muncul dengan bentuk seperti sekarang ini. Melainkan melalui beberapa
generasi:
a. Generasi
Pertama (1944-1959)
Komputer berawal dari
kalkulator atau alat hitung berukuran panjang setengah lapangan bola kaki dan
memiliki rentang kabel sepanjang 500 mil. Alat ini merupakan computer relai
elektronik. Dengan menggunakan sinyal elektromagnetik untuk menggerakkan
komponen mekanik. Mesin tersebut beroperasi dengan lambat (ia membutuhkan 3-5
detik untuk setiap perhitungan) dan tidak fleksibel (urutan kalkulasi tidak
dapat diubah). Kalkulator tersebut dapat melakukan perhitungan aritmatik dasar
dan persamaan yang lebih kompleks. Komputer generasi pertama ini memiliki
ciri-ciri:§ Komponen yang dipergunakannya adalah tabung hampa udara (Vacum tube)
untuk sirkuitnya.
- Mempunyai ukuran yang besar dan berat sehingga sulit untuk dipindahkan.
- Mesinnya relatif cepat panas
- Proses yang dilakukan relatif lambat
- Memori berkemampuan kecil
- Memakai bahas Mesin Asembly
- Memerlukan daya listrik yang besar.
- Orientasi pada aplikasi bisnis.
b. Generasi
kedua (1959-1965)
Computer generasi ini
memiliki komponen-komponen yang dapat diasosiasikan dengan komputer pada saat
ini: printer, penyimpanan dalam disket, memory. Dibandingkan dengan komputer
seri pertama, komputer seri kedua ini mempunyai kelebihan antara lain:§
Program dapat dibuat
dengan bahasa tingkat tinggi (high level language), seperti FORTRAN,
COBOL, ALGOL. Bahasa pemrograman ini menggantikan kode mesin yang rumit dengan
kata-kata, kalimat, dan formula matematika yang lebih mudah dipahami oleh
manusia.
- Formatnya semakin kecil
- Komponen utamanya terdiri dari transistor sebagai pengganti tube vakum
- Mesinnya relatif lebih lambat panas
- Kecepatannya semakin tinggi
- Kemampuan memorinya lebih besar
- Sudah bisa memakai bahasa tingkat tinggi
- Ukuran fisik komputer lebih kecil dari komputer generasi pertama
- Membutuhkan lebih sedikit daya listrik
- Berorientasi pada bisnis dan teknik
c. Generasi
Ketiga (1965-1970)
Walaupun transistor
dalam banyak hal mengungguli tube vakum, namun transistor menghasilkan panas
yang cukup besar, yang dapat berpotensi merusak bagian-bagian internal
Komputer. Karena hal diatas para peneliti mengintegrasikan IC, IC
mengkombinasikan tiga komponen elektronik dalam sebuah piringan silikon kecil
yang terbuat dari pasir kuarsa yang dapat mengatasi masalah tersebut. Kemajuan
komputer generasi ketiga lainnya adalah penggunaan sistem operasi
(operatingsystem) yang memungkinkan mesin untuk menjalankan berbagai program
yang berbeda secara serentak dengan sebuah program utama yang memonitor dan
mengkoordinasi memori komputer. Pada generasi ketiga ini komputer sudah sedemikian
majunya, sehingga kelemahan yang terdapat pada generasi kedua telah dapat
diatasi walaupun belum sempurna. Karakteristik dari pada komputer generasi
ketiga ini adalah:§ Komponen utamanya terdiri dari IC (IntegratedCircuit) yang biasa juga
disebut dengan CHIP.
- Ukuran fisiknya semakin kecil
- Kemampuan memorinya semakin besar
- Memakai bahasa tingkat tinggi
- Multi programming dan multi data Processing
- Proses semakin cepat
- Peningkatan dari softwarenya.
- Penggunaan listrik lebih hemat.
- Harga semakin murah.
d. Generasi
keempat (1970-1980an)
Beberapa karakteristik
komputer generasi keempat ini, yaitu:
- Komponen utamanya terdiri dari VeryLargeScaleIntegratedCircuit (VLSIC) atau microchip
- Ukurannya semakin kecil
- Prosesnya sangat cepat
- Kapasitas memorinya sangat besar.
e. Komputer
Generasi Kelima(1980-sekarang)
Beberapa karakteristik
komputer generasi kelima ini, yaitu:
- Telah dilakukan pengembangan dengan apa yang dinamakan JosephsonJunction, teknologi yang akan menggantikan chip yang mempunyai kemampuan memproses triliunan operasi per detik.
- Mempunyai beberapa pemproses CPU yang bisa berfungsi secara serentak.
f. Komputer
Generasi Keenam
Secara prinsip ciri-ciri
dari komputer masa mendatang adalah:
- Lebih canggih
- Lebih murah
- Memiliki kemampuan diantaranya melihat, mendengar, berbicara, dan berpikir serta mampu membuat kesimpulan seperti manusia.
Ini berarti komputer
akan memiliki kecerdasan buatan yang mendekati kemampuan dan perilaku
pembuatnya (manusia). Bahkan semakin besar aktivitas akan digantikan oleh
perangkat yang dinamakan komputer.
Sumber :·
http://blog.student.uny.ac.id/restu/2012/09/12/perkembangan-komputer/·
http://www.mint.web.id/2013/01/sejarah-komputer.html
II.
APLIKASI KOMPUTER YANG DIGUNAKAN UNTUK PEMBELAJARAN
MacromediaFlash
Profesional adalah sebuah program animasi yang telahbanyak digunakan oleh para
Animator untuk menghasilkan animasi yangprofesional. Diantara program-program
animasi, program MacromediaFlashmerupakan program yang paling fleksibel dalam
pembuatan animasi, sepertiAnimasi Interaktif, Game, Company Profile,
Presentasi, Movie, dan tampilananimasi
lainnya.Keunggulan dari program MacromediaFlash
dibanding program yangsejenis, antara lain :
1. Dapat
membuat tombol interaktif dengan sebuah movie atau objek yanglain.
2. Dapat
membuat perubahan transparasi warna dalam movie
3. Dapat
membuat perubahan animasi dari satu bentuk ke bentuk lain.
4. Dapat
membuat gerakan animasi dengan mengikuti alur yang telahditetapkan.
5. Dapat
dikonversi dan dipublikasikan ( publish ) kedalam beberapa tipe,diantaranya .swf,
.html, .gif, .jpg, .png, .exe, .mov.
6. Dapat
mengolah dan membuat animasi dari objek Bitmap
7. Flash
program animasi berbasis vector memiliki fleksibilitas dalampembuatan
objek-objek vector.
AdobeAudition
AdobeAudition
merupakan suatu program yang digunakan untuk merekam,mengedit suara dalam
bentuk digital yang berbasis Windows.. AdobeAuditionmemberikan fasilitas
perekaman suara sampai dengan 128 track hanya dengansatu soundcard, hal ini
akan memberikan kemudahan bagi seorang sound editoruntuk berekspresi lebih
jauh. Edit suara bisa dilakukan dalam bentuk .wav Danpenyimpanan
bisa diconvert dalam bentuk format seperti .wma, .mp3, mp3pro.Beberapa
kelebihan atau fasilitas yang disediakan AdobeAudition :
1. MultitrackEditing
dan Mixing sampai 128 track
2. Lebih
dari 40 data soundeffect, mastering, perangkat analisa keriting suara terdapat
didalamnya, semua ini termasuk Echo, Reverb,Flanging, Chorusing, Compression,
Limiting, Equalization, NoiseReduction, dan lainnya.
3. Pengorganisasian
track yang lebih mudah
4. Support
untuk banyak format audio
5. Proses
editing dilakukan dengan klik &drag
AdobePhotoshop
AdobePhotoShop
CS2 adalah salah satu perangkat lunak yang canggih dandapat anda gunakan untuk
pembuatan, penyuntingan, dan manipulasi tampilantermasuk koreksi warna,
pemberian efek tampilan, dan sebagainya. AdobePhotoShop menyediakan berbagai
piranti yang akan membantu anda dalammembuat sebuah gambar atau image.
Corel Draw
Corel Draw adalah sebuah program
komputer yang melakukan editing pada garis vektor. Corel draw memiliki kegunaan
untuk mengolah gambar, oleh karena itu banyak digunakan pada pekerjaan dalam
bidang publikasi atau percetakan ataupun pekerjaan di bidang lain yang
membutuhkan proses visualisasi. Beberapa keunggulan program Corel Draw antara
lain adalah:
1.
Gambar yang dihasilkan
dengan vektor atau berbasis vektor bisa ditekan pada tingkat yang paling rendah
namun hasilnya tidak kalah dengan gambar yang berbasis bitmap atau raster.
2.
Penggunaan Corel Draw,
terutama pada tool-tool yang ada di dalamnya sangat mudah dipahami oleh
penggunanya, bahkan oleh orang yang baru pertama menggunakannya.
3. Corel
Draw sangat baik untuk mengkolaborasikan antara tulisan dengan gambar, seperti
layaknya AdobePotoshop.
Microsoft
PowerPoint
Microsoft
PowerPoint adalah program
aplikasi yang berguna untuk membuat
slide dan dokumen presentasi. Aplikasi komputer ini memiliki
kelebihan pada kemudahan dan kepraktisannya dalam menyusun slide
presentasi. Bisa dikatakan, jika seseorang ingin membuat presentasi, maka yang
terlintas di benaknya adalah menggunakan PowerPoint. Fitur animasi dan transisi
yang tersedia cukup membantu tugas pembuat presentasi, demikian juga dengan
fitur penyisipan materi multimediaseperti suara dan video.
Sumber
:·
III.
YANG
INGIN DIPELAJARI DALAM APLIKASI KOMPUTER
1.
MacromediaFlash
2.
AdobeAudition
3.
AdobePhotoshop
4.
Corel Draw
5.
atau bisa yang lain
yang menunjang pembelajaran dan kegiatan lain.
Alasan ingin mempelajari adalah untuk menambah
wawasan atau keahlian dalam aplikasi komputer yang tentunya dapat menghadirkan
sebuah program pembelajaran yang menarik melalui aplikasi komputer, dan
pembelajaran tersebut menarik minat siswa karena menyajikan audio dan visual
yang menarik serta peran aktif langsung siswa dalam menjalankan program hasil
teknologi multimedia tersebut. Sehingga pembelajaran lebih menyenangkan dan
tidak membosankan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar